cover
Contact Name
Arief Setyawan
Contact Email
arief.setyawan@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285702411446
Journal Mail Official
metalingua.pbsi@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Program Studi PBSI, Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan Location: Bangkalan, Jawa Timur
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua
ISSN : 25284371     EISSN : 25286684     DOI : https://doi.org/10.21107/metalingua
Core Subject : Education,
Metalingua journal is a journal that focuses on the problems that occurred in the field of education, language, and Indonesian literature. Metalingua facilitate the research of teachers, lecturers, postgraduate research students and experts who participate actively in the Indonesian language and literature education.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): Metalingua, Edisi April 2022" : 7 Documents clear
ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS Prissilia Prahesta Waningyun; Siti Fadilatul Aqilah
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 7, No 1 (2022): Metalingua, Edisi April 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/metalingua.v7i1.14907

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur pembangun novel; (2) gejolak jiwa tokoh utama; dan (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi sastra. Sumber data diperoleh dari dokumen dan informan. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis data interaktif. Validitas data menggunakan tiangulasi teori.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 3 kesimpulan. Pertama unsur pembangun novel yakni unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik meliputi; (a) tema mayor tentang perjuangan hidup seorang wanita, tema minor antara lain, masalah perjodohan, masalah harga diri, masalah percintaan; (b) tokoh dan penokohan, tokoh utama yaitu Alina (baik, cerdas, santun, tabah, sabar perhatian dan penyayang), dan Gus Birru (baik, loyal dan perhatian), tokoh tambahan yaitu Rengganis (baik, cerdas supel dan juga tegar), Kang Dharma (baik,perhatian), Aruna (baik, loyal, humoris), Ummik (baik, lembut, penyayang, Abah (tegas, baik), Mbah Kakung (baik, tenang, penuh wibawa dan bijaksana), Mbah Putri (baik hati, perhatian dan penyayang), Arya (baik hati, perhatian serta bijaksana); (c) latar: latar meliputi, latar tempat, waktu, suasana dan sosial; (d) alur: campuran; (e) sudut pandang: campuran; (f) amanat dalam novel ini adalah mikul duwur mendem jeru yang artinya selalu menutupi kekurangan dan menunjukkan kelebihan. Unsur ekstrinsik meliputi; (a) biografi pengarang; (b) latar belakang penciptaan; (c) keadaan sosial budaya; (d) keadaan psikologis. Kedua gejolak jiwa tokoh utama tinjauan psikologi sastra berdasarkan teori Sighmund Freud yakni id, ego dan superego. Ketiga nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel adalah (1) nilai religius; (2) nilai jujur; (3) nilai jujur; (4) nilai disiplin; (5) kerja keras; (6) nilai kreatif; (7) nilai mandiri; (8) nilai rasa ingin tahu; (9) menghargai prestasi; (10) nilai bersahabat/komunikatif; (11) cinta damai; (12) gemar membaca; (13) peduli sosial; (14) tanggung jawab.
TOPONIMI PENAMAAN JALAN DI KECAMATAN LASALEPA KABUPATEN MUNA Wa Ode Halfian; Hariyati Hariyati; Fina Amalia Masri
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 7, No 1 (2022): Metalingua, Edisi April 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/metalingua.v7i1.15146

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya nama-nama jalan yang bermunculan di Kecamatan Lasalepa. Nama-nama tersebut sebagian terasa asing bahkan memilki makna yang unik dan lucu bagi masyarakat baik yang berada di daerah tersebut maupun dari luar daerah yang melewati jalan-jalan tersebut. Penamaan jalan-jalan tersebut tentunya tidak lepas dari latar belakang budaya masyarakat setempat. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan toponimi penamaan jalan yang ada di Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semantik, antropolinguistik dan toponimi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dangan menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Teknik   pengumpulan   data   dalam   penelitian   ini   adalah   dengan menggunakan teknik wawancara, teknik catat, dan teknik rekam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nama-nama jalan di Kecamatan Lasalepa sebagian besar tidak memiliki papan nama, namun masyarakatnya mampu mengetahui letak nama-nama jalan tersebut dengan baik, di mana mereka mampu menunjukkan arah dan lokasi dari nama-nama jalan tersebut tanpa adanya kekeliruan. Nama-nama jalan di Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna dilatarbelakangi oleh dua aspek penamaan, yaitu aspek perwujudan (Jalan Nambo, Jalan La Sari Muna, Jalan Wa Sandu-Sandu, Jalan Malaowaha, Jalan Tani, Jalan Bangunsari, dan Jalan Cendana) yang meliputi latar perairan dan Latar Permukaan Tanah atau Rupabumi (Geomorfologis), aspek kemasyarakatan   (Jalan   Kabuluha,   Jalan   Pogauha,   Jalan   Cumi-Cumi,   Jalan Lamodandu, Jalan Laode Oha, dan Jalan La Rengku) yang meliputi kebiasaan masyarakat dan tokoh masyarakat. Sistem tanda dalam toponimi nama-nama jalan di Kecamatan   Lasalepa   Kabupaten   Muna   meliputi   simbol,   gagasan,   dan   acuan (referent). Di mana simbol dan gagasan memiliki hubungan yang bersifat langsung. Artinya simbol dan gagasan tersebut merupakan pasangan otomatis. Sedangkan hubungan antara acuan dan simbol bersifat tidak langsung.
IDENTIFIKASI GANGGUAN BERBAHASA DENGAN INSTRUMEN PERKEMBANGAN BAHASA LOOVAS PADA ANAK PESISIR MADURA STUDI KASUS ANAK BERINISIAL KK DAN MPS Abdul Rosid; Mixghan Norman Antono
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 7, No 1 (2022): Metalingua, Edisi April 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/metalingua.v7i1.14904

Abstract

 Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gangguan berbahasa yang dialami oleh anak-anak di pesisir Madura. Gangguan tersebut menyebabkan beberapa kendala pemerolehan Bahasa kedua anak-anak di pesisir Madura. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk gangguan berbahasa terutama yang diakibatkan oleh faktor lingkungan sosial. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan instrument perkembangan Bahasa yang dikembangkan oleh Lovaas mencakup empat komponen utama, yakni komponen kemampuan memperhatikan, kemampuan meniru, keterampilan mengidentifikasi, dan kemampuan menandai. Keempat komponen perkembangan Bahasa itulah yang digunakan untuk mengidentifikasi gangguan berbahasa yang dialami KK yang memiliki keterbatasan dalam mengekspresikan Bahasa serta MPS yang mengalami gangguan berbicara psikogenik. Gangguan berbahasa yang dialami oleh KK dan MPS disebabkan oleh lingkungan sekitar yang lebih banyak mengasingkan mereka atau kurang memperhatikannya.
PENERAPAN TEKNIK TRANSFORMASI LAGU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA MAHASISWA Masitoh Masitoh; Agung Prihatmojo
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 7, No 1 (2022): Metalingua, Edisi April 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/metalingua.v7i1.13068

Abstract

            Kegiatan menulis akan memperlihatkan kemampuan mahasiswa dalam mencurahkan segala pengetahuannya lewat bahasa yang dituliskannya. Menulis wacana merupakan kegiatan yang tidak gampang, hal yang perlu dipahami salah satunya adalah penerapan teknik pembelajaran yang baik, yaitu teknik transformasi lagu. Masalah dalam penelitian ini ialah “Penerapan Teknik Transformasi Lagu dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Mahasiswa”. Adapun penelitian ini bertujuan menjabarkan penerapan teknik transformasi lagu dalam peningkatan kemampuan menulis wacana mahasiswa. Metode penelitian tindakan kelas merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pada mahasiswa semester VII Program Studi PBSI tahun akademik 2021/2022, FKIP Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah: teknik observasi, wawancara, tes atau pemberian tugas menulis wacana. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis komparatif. Perolehan hasil penelitian ialah terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan menulis wacana  mahasiswa semester VII Prodi PBSI tahun akademik 2020/2021 melalui penerapan teknik pembelajaran transformasi lagu. Persentase peningkatan indikator penelitian, yaitu kualitas proses pembelajaran menulis wacana mahasiswa pada siklus I diperoleh 54,28% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,29% dan kemampuan menulis wacana mahasiswa pada siklus I diperoleh 57,14% dan siklus II meningkat menjadi 94,29%.
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA LISAN PADA KANAL YOUTUBE FOULY Helmi Muzaki; Arief Darmawan
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 7, No 1 (2022): Metalingua, Edisi April 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/metalingua.v7i1.11420

Abstract

Analisis kesalahan berbahasa sangat penting untuk dilakukan karena dengan mengetahui kesalahan berbahasa kita bisa memahami proses pemerolehan bahasa kedua dan kita juga bisa membantu memperbaiki kesalahan tersebut. Tujuan penelitian ini  untuk mengidentifikasi jenis kesalahan dan menganalisis penyebab  terjadi kesalahan. Metode penelitian  ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisi kesalahan berbahasa dilakukan  melalui 4 tahap yaitu:  pengumpulan sampel,  identifikasi kesalahan, deskripsi kesalahan, dan  penjelasan kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan berbahasa lisan penutur asing pada kanal YouTube Fouly meliputi kesalahan fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Sumber kesalahan berbahasa lisan penutur asing pada kanal YouTube Fouly yaitu pengaruh dari bahasa pertama, bahasa yang dikuasai sebelum bahasa target, dan penutur asing belum menguasai aturan bahasa target.
PENGEMBANGAN KOMIK INTERAKTIF PAHLAWAN MADURA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT Ayyu Subhi Farahiba
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 7, No 1 (2022): Metalingua, Edisi April 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/metalingua.v7i1.12173

Abstract

Media pembelajaran membantu guru dalam mengemas pembelajaran di kelas agar lebih interaktif dan menarik dapat dikembangkan dalam bentuk komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik interaktif tokoh pahlawan Madura untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui pembelajaran teks anekdot. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R and D). Subjek penelitian uji coba ini adalah siswa kelas X SMA Ma'arif 3 Pamekasan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara dan data berupa skor penilaian yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, tanggapan siswa, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan komik interaktif pahlawan Madura untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui pembelajaran teks anekdot sangat layak digunakan dengan persentase validasi ahli materi sebesar 96% dan validasi ahli media sebesar 91%. Hasil uji coba kelompok kecil diambil oleh 15 siswa kelas X SMA, hasil penilaian angket respon siswa diperoleh persentase sebesar 84% sehingga komik interaktif dikategorikan sangat layak uji coba di lapangan.
PEMANFAATAN H5P DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ONLINE INTERAKTIF Dian Asa Utari; Miftachudin Miftachudin; Lusia Eni Puspandari; Ika Erawati; Desitri Cahyaningati
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 7, No 1 (2022): Metalingua, Edisi April 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/metalingua.v7i1.14896

Abstract

H5P adalah kerangka kerja kolaborasi konten bebas dan sumber terbuka berbasis JavaScript. H5P memberi kemudahan pada guru/dosen dalam membuat, berbagi, dan menggunakan kembali konten HTML5 interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bahasa dengan menggunakan H5P yang diterapkan melalui Learning Management System (LMS) di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Pengembangan yang dilakukan adalah denganmendesain pembelajaran yang interaktif menggunakan materi, kuis, game melalui H5P. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R and D) untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran Bahasa berbasis H5P. Materi pembelajaran yang dibuat menggunakan H5P kemudian diaplikasikan pada Mata kuliah Bahasa Inggris I, II, dan III. Berdasarkan penilaian dan respon dari mahasiswa, didapatkan hasil bahwa media pembelajaran menggunakan H5P dianggap interaktif (82%), evaluatif (90%) dan mudah untuk diakses (95%). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis H5P ini efektif dan juga efisien untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7